10 Aplikasi Software Desain Rumah Terbaik untuk PC dan Laptop

Sebelum ditemukan Aplikasi Software Desain Rumah, para arsitek menggambar desain secara manual di atas kertas. Hal ini tentunya akan memakan waktu yang lama dan arsitek juga dituntut memiliki akurasi yang sangat tinggi.

Kemudian dengan perkembangan zaman, kini mendesain rumah, interior rumah, ataupun bangunan minimalis bisa dilakukan dengan bantuan software khusus. Software desain arsitektur ini mendukung desain 2D dan 3D berbagai jenis konstruksi bangunan.

Selain itu, perangkat lunak ini menawarkan sejumlah fitur otomatis yang memudahkan pengguna merancang bangunan. Dengan kesederhanaan tersebut, software ini juga dapat digunakan untuk pemula yang mempelajari dunia arsitektur.

Nah, bagi kamu yang sedang menggeluti dunia arsitektur atau ingin belajar desain, berikut 13 software desain rumah terbaik yang kami rekomendasikan untuk kamu. Banyak dari perangkat lunak ini dapat dijalankan secara offline di perangkat PC Anda:

1. Punch Software

Perangkat lunak nomor 1 di Amerika menggabungkan kekuatan NexGen untuk memberikan kualitas gambar yang realistis dan sempurna dengan LightWorks yang memungkinkan pengguna menghasilkan desain rumah atau proyek besar lainnya dengan lebih cepat.

Oleh karena itu, dengan Punch Software Anda dapat memenuhi permintaan desain dari sejumlah besar pelanggan tanpa bantuan. Software Punch ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal, namun software yang kompatibel dengan Windows sangat berharga karena dapat memberikan hasil yang maksimal.

2. Chief Architect

Selanjutnya, ada software desain 3D yang sangat profesional. Aplikasi ini telah dipilih untuk mendesain bangunan dalam format 3D, tetapi Kepala Arsitek juga dapat digunakan untuk merancang format 2D. Keunggulan Kepala Arsitek dibandingkan perangkat lunak lain adalah fitur otomatis yang membuat proses mendesain dan memodifikasi rumah lebih mudah. Software ini akan memberikan hasil desain yang Anda inginkan.

3. ArchiCAD

Perangkat lunak ini diklaim sebagai perangkat lunak desain all-in-one. Software ini memungkinkan Anda mendesain bangunan dalam bentuk 2D dan 3D. ArchiCAD dapat digunakan oleh arsitek profesional maupun mahasiswa yang baru belajar desain arsitektur. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan oleh orang biasa. ArchiCAD memiliki hampir semua fitur yang ditawarkan oleh perangkat lunak serupa lainnya.

4. AutoCAD Architecture

Salah satu perangkat lunak desain rumah dan bangunan paling populer, AutoCAD membuat versi Arsitektur AutoCAD khusus untuk arsitek. Dengan fitur-fitur yang terdapat pada software ini, Anda dapat mengaturnya dengan lebih efektif. Selain itu, aplikasi ini menawarkan antarmuka sederhana yang mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan untuk pemula. Sebelum membeli Arsitektur AutoCAD, Anda berhak mencoba uji coba gratis terlebih dahulu.

5. Vectorworks Architecture

Jika dibandingkan dengan software serupa yang disebutkan di atas, Vectorworks memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi. Hal ini terlihat dari pengguna software ini yang berasal dari kalangan desainer dan arsitek profesional.

Dengan bantuan perangkat lunak ini, Anda dapat membuat desain proyek yang luar biasa. Sejumlah besar desainer menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat desain, dengan Vectorworks Anda dapat membuat desain yang unik dan sempurna dengan cepat.

6. Autodesk Revit

Kali ini kita akan bertemu dengan software yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Dengan demikian, perangkat lunak ini memungkinkan desainer untuk mendapatkan desain berkualitas tinggi yang lebih akurat. Analisis setiap konsep lebih mudah karena software ini didukung oleh fitur informasi pembuatan model workflow.

Autodesk Revit juga dapat mendokumentasikan semua proyek pengembangan yang sedang Anda kerjakan. Aplikasi mandiri ini sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan fungsionalitas.

7. Softplan

Perangkat lunak yang mudah digunakan ini akan memenuhi semua kebutuhan desain Anda. Salah satu software berbasis informasi ini juga akan mendokumentasikan secara lengkap proyek yang sedang Anda jalankan.
Kemampuan untuk mendesain dalam 3D, daftar bahan bangunan, dan perkiraan biaya waktu nyata adalah fitur yang ditawarkan oleh Softplan. Ini adalah software terbaik saat Anda ingin mendesain bangunan hunian atau komersial lainnya.

8. Sweet Home 3D

Seperti nama aplikasinya, Sweet Home 3D akan menampilkan efek 3D saat Anda mendesain rumah. Pada awalnya tentunya Anda akan mengecat desain rumah mentah, mulai dari bentuk bangunan, atap, dinding dan lain sebagainya.

Setelah bangunan terbentuk sempurna, barulah Anda bisa melanjutkan dengan desain interior atau interior rumah. Misalnya ingin mewarnai dinding, memasang pintu dan jendela, hingga menambah furnitur. Namun, semua dapat Anda lakukan dengan mudah di Sweet Home 3D.

9. Revit Architecture

Arsitektur Revit adalah perangkat lunak desain berbasis informasi. Semua perubahan desain yang Anda buat melalui perangkat lunak ini akan secara otomatis diberitahukan ke semua proyek yang sedang Anda jalankan. Fitur yang ditawarkan oleh Revit Architecture juga cukup lengkap dan dinamis. Perangkat lunak ini juga kompatibel dengan sistem operasi Windows XP, Vista, dan 7.

10. SketchUp

Beberapa waktu lalu, Google membeli hak cipta perangkat lunak ini. Alhasil, SketchUp kini menjadi sangat populer, terutama di kalangan desainer dan arsitek. SketchUp memungkinkan Anda menghasilkan desain 3D lebih cepat.

Fitur yang dibawa oleh software ini juga sangat mirip dengan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi sejenis lainnya. Akan tetapi software ini sangat cocok untuk pelajar yang ingin menghasilkan desain 3D dengan cepat dan bagi pemula yang ingin memulai karir di bidang arsitektur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *