Download Buku Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNI 03-1729-2002)

ebook - Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNI 03-1729-2002)

Judul Buku :Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNI 03-1729-2002)

Penulis : Agus Setiawan

Penerbit : Erlangga, 2008

Jumlah Halaman : 340 halaman

Deskripsi :

Metode ASD (Allowable Stress Design) dalam struktur baja telah cukup lama digunakan, namun beberapa tahun terakhir metode desain dalam struktur baja mulai beralih ke metode lain yang lebih rasional, yakni metode LRFD (Load Resistance and Factor Design). Metode ini didasarkan pada ilmu probabilitas, sehingga dapat mengantisipasi segala ketidakpastian dari material maupun beban. Oleh karena itu, metode LRFD ini dianggap cukup andal. Peraturan Perencanaan Bangunan Baja Indonesia (PPBBI 1987) telah diganti dengan Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung, SNI 03-1729-2002 yang berbasis pada metode LRFD.

Buku ini mencoba memberikan penjelasan mengenai perencanaan struktur baja dengan menggunakan konsep LRFD tersebut. Dalam perencanaan struktur baja metode LRFD yang digunakan dalam buku ini, semuanya berpedoman pada SNI 03-1729-2002 yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam buku ini, dibahasa mengenai konsep dasar LRFD, pengenalan material baja, batang tarik dan tekan, sambungan (baut dan las), komponen struktur balok-kolom, komponen struktur komposit serta jenis-jenis sambungan pada konstruksi bangunan baja.

Selain dapat digunakan oleh mahasiswa Teknik Sipil, buku ini juga dapat dijadikan pedoman perencanaan bagi konsultan maupun praktisi yng berkecimpung di dunia struktur baja.

Download Buku Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNI 03-1729-2002)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *