Investasi terbaik 2021

Inilah 5 Jenis Investasi Terbaik 2021

Sobat IlmuProperti, tahun 2020 sudah semakin mendekati ujungnya, dan akan kita sambut Tahun 2021 mendatang. Masih dalam suasana Pandemi virus Covid-19, di awal – awal tahun 2021 kemungkinan tidaklah jauh berbeda dengan akhir 2020 ini. Walaupun belum maksimal , diakhir tahun 2020 terlihat geliat penjualan/transaksi properti mengalami kenaikan. Penjualan ini dilakukan oleh para Investor ataupun memang customer properti untuk ditempati.

Nah, pada tahun 2021 kedepan berdasarkan laman raywhite.co.id, kompas.com, cermati.com dan beberapa sumber lainnya, ternyata bidang properti masih menjadi Jenis Pilihan Investasi Terbaik 2021. Sebagai Investor tentunya mencari jenis investasi terbaik dan terpercaya, investasi terbaik untuk jangka panjang, dan merupakan investasi terbaik di Indonesia ya..

Baiklah, mari kita simak apa saja, 5 jenis Pilihan Investasi Terbaik 2021 yang menguntungkan :

1. INVESTASI PROPERTI

Properti masih menjadi investasi favorit para investor. Dengan memiliki investasi di properti, Anda bisa memanfaatkan nya sekaligus, melindungi diri Anda dan keluarga dari cuaca panas dan hujan, dan sebagai tempat yang aman bagi keluarga untuk beraktifitas. Jenis properti ini ini bisa berupa primary ataupun secondary.

Sebagai investor properti, Anda akan mendapatkan 2 keuntungan: Pertama, Keuntungan pertama adalah capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari kenaikan harga properti tahunan. Capital gain property berbeda-beda tiap daerahnya.  Anda bisa menghitung keuntungan rumah Anda dengan mengurangi harga terbaru dikurangi harga pembelian dikali 100 persen. 

Kedua, keuntungan sewa (yield). Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sewa-menyewa properti. Anda bisa mendapatkan yield sebesar 2% hingga 5% untuk properti rumah tapak dan yield sebesar 6% hingga 10% untuk apartemen di Jabodetabek. Besaran persentase tersebut merupakan rata-rata yield di Jabodetabek dengan situasi politik dan ekonomi normal. Anda bisa menghitung keuntungan sewa dengan menghitung besaran sewa per tahun dibagi dengan harga properti di tahun yang sama, kemudian dikali 100 persen. Usahakan untuk membeli properti dengan yield diatas 3% sebagai indikator dalam menunjukkan bahwa properti tersebut memiliki potensi sewa yang bagus.

Baca Berita Terkait :   Kuota Rumah Bersubsidi Habis, Pengembang Mulai Khawatir Daftar Tunggu Terancam Tak Kebagian

2. INVESTASI EMAS

Sejak zaman dahulu, emas dijadikan sebagai produk investasi dan sudah teruji selama bertahun-tahun sebagai pelindung nilai kekayaan. Emas sangat tepat untuk dijadikan investasi untuk jangka panjang. Jika ingin berinvestasi emas, maka belilah emas batangan daripada membeli emas perhiasan, karena Emas batangan mengikuti harga emas global sedangkan emas perhiasan mengikuti harga invoice dari toko emas tersebut. Emas perhiasan juga akan mengalami pemotongan harga saat dijual kembali, khususnya jika terdapat kerusakan seperti warna yang memudar atau ada yang patah. Jadi rugikan, kalau belinya berupa emas perhiasan.

Beberapa keunggulan – keunggulan investasi Emas adalah sebagai berikut :
– Keuntungan lebih tinggi bila dibanding dengan Deposito
– Emas mudah dicairkan karena cukup likuid
– Emas memiliki sifat Safe haven, artinya instrumen investasi tersebut dapat dijadikan sebagai pelindung nilai yang mengikuti inflasi dan gejolak ekonomi yang tidak menentu.  Emas adalah investasi paling tepat di saat krisis

Emas batangan yang paling direkomendasikan adalah emas yang diterbitkan oleh PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Kedua emas batangan yang dikeluarkan oleh dua perusahaan itu sudah sangat teruji karena memiliki kadar hingga 99.9% serta telah memiliki sertifikat keasliannya. Toko emas akan dengan mudah mencairkan emas batangan dari kedua perusahaan tersebut. Kedua harga emas tersebut hampir sama per gramnya di pasaran. Terdapat selisih di antara keduanya namun selisihnya tidak terlalu jauh. Begitu pula dengan harga buyback yang relatif sama

3. INVESTASI SAHAM

Saham adalah sebagai surat berharga yang diterima oleh investor saham sebagai tanda kepemilikan dalam bentuk penyertaan modal atas perusahaan. Pemegang saham memiliki hak klaim atas pendapatan perusahaan serta aset perusahaan. Pemegang saham juga memiliki hak untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Namun, hanya pemegang saham biasa yang bisa mengikuti RUPS untuk memberikan suara dalam pemilihan direksi dan memberikan penentuan kebijakan perseroan lewat keputusan RUPS. Anda bisa mengikuti RUPS jika Anda memiliki saham pada perusahaan tersebut setidaknya minimal 1 (satu) lot saham. Satu lot saham terdiri atas 500 lembar saham.

Baca Berita Terkait :   5 Tips Memulai Investasi Kavling Produktif

Saham blue chip adalah saham yang berasal dari perusahaan terbuka (emiten) yang dinilai memiliki tingkat likuiditas (LQ) tertinggi. Saham emiten yang termasuk saham blue chip adalah saham yang terdaftar sebagai saham LQ45 oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham blue chip atau saham LQ45 adalah saham yang dikeluarkan oleh 45 emiten yang dinilai memiliki likuiditas tinggi dan mempertimbangkan kapitalisasi pasar. Memiliki saham LQ45 tentu memiliki prospek keuntungan bagi perusahaan dan bagi investor serta memiliki performa keuangan yang memuaskan di Indonesia.

Tidak semua perseroan terbatas terbuka (PT Tbk) memiliki prospek yang bagus untuk dijadikan investasi. Sebagai investor yang menanamkan sejumlah dana ke perusahaan, tentu Anda harus dengan teliti melihat track record perusahaan dan likuiditas perusahaan. Untuk investor saham pemula dan jangka panjang, lebih baik Anda berinvestasi saham blue chip.

Konsultasikan investasi saham Anda pada manager investasi pada suatu perusahaan sekuritas yang telah memiliki reputasi bagus. Anda bisa meminta manajer investasi tersebut untuk membantu Anda memilih portofolio saham yang bagus untuk diinvestasikan. Hati-hati dalam memilih perusahaan sekuritas dan manajer investasi. Jangan sampai uang Anda raib oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Investasi saham sangat tepat bagi Anda yang tipe investor high risk-high gain.

4. INVESTASI DEPOSITO

Deposito merupakan investasi paling aman karena dijamin oleh pihak perbankan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Besaran keuntungan tahunan deposito ditentukan oleh Bank Indonesia (BI) rate. BI Rate terbaru bulan Juli 2020 adalah 4.00%. Dengan begitu, keuntungan yang dihasilkan deposito tidak jauh berbeda dengan BI rate. Rata-rata, bunga deposito yang ditawarkan bank di Indonesia hanya berkisar 3.60-7.00%. Anda hanya akan mendapatkan keuntungan 3.60-7.00% per setahun. Keuntungan tersebut juga akan terkena pajak sebesar 20%.

Baca Berita Terkait :   Aplikasi Properti Estimasi RAB Edisi Vol Rumah 1 Lantai

Dikarenakan Deposito merupakan investasi dengan resiko rendah, karena dijamin oleh LPS(Lembaga Penjamin Simpanan), maka keuntungan yang didapat juga tidak besar, hal ini sesuai dengan prinsip “high risk, high gain”, maka semakin besar resiko kemungkinan resiko dari sebuah investasi, semakin tinggi jumlah keuntungannya.

5. INVESTASI REKSADANA

Reksadana adalah sarana bagi para investor untuk menginvestasikan uangnya ke berbagai bentuk portofolio efek. Reksadana pada praktiknya adalah menginvestasikan sejumlah dana dan Anda sebagai investor memilih jenis reksadana yang diinginkan. Setelah itu, manajer investasi selanjutnya akan mengelola investasi Anda. Terdapat banyak Investasi reksadana tidak membutuhkan uang investasi yang besar. Anda cukup memiliki uang sebesar Rp. 100.000,- untuk bisa berinvestasi reksadana. Jadi , investasi di reksadana adalah menyerahkan pengelolaan ke ahlinya, yaitu Manajer Investasi.

Terdapat berbagai jenis investasi reksadana, tetapi yang paling digemari oleh para investor reksadana adalah reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Keempat reksadana terdapat karakteristiknya tersendiri. Anda bisa memilih jenis reksadana yang sesuai dengan karakteristik tipe investor yang sesuai dengan diri Anda. Pastikan Anda telah mempelajari dan siap dengan keuntungan dan kerugian dari jenis reksadana yang Anda pilih sebagai sarana investasi.

Demikianlah gambaran Investasi Terbaik 2021 yang bisa Sobat IlmuProperti jadikan pertimbangan. Bahwa investasi terbaik dan terpercaya masih di bidang Investasi Properti, karena merupakan investasi terbaik untuk jangka panjang di Indonesia dan pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *