Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Pada artikel sebelunya sudah kita bahas tentang Kelebihan Pondasi cakar Ayam, yang nerupakan satu teknik pondasi yang ditemukan oleh salah satu tokoh insinyur sipil Indonesia. Namun, walaupun terkenal sebagai pondasi yang kuat, tetap saja pondasi cakar ayam ini memiliki beberapa kekurangan yang harus sobat perhatikan.

Nah, beberapa kekurangan pondasi cakar ayam di antaranya:

  1. Biaya Pengerjaan Lebih Mahal

Nah, kenapa Biaya pengerjaan pondasi cakar ayam ini lebih mahal? Karena, pengerjaan pondasi cakar ayam cukup rumit serta membutuhkan peralatan yang canggih serta bahan-bahan yang cukup banyak. Dan juga, jika dibandingkan dengan beberapa jenis pondasi konvensional lainnya, biaya pengerjaan pondasi cakar ayam ini tetap jauh lebih mahal harganya. Contoh kecilnya adalah proses betonisasi pada pondasi ini yang membutuhkan bahan sangat banyak.

Baca Berita Terkait :   Download Buku Penyelesaian Konstruksi Kayu

2. Kurang Sesuai untuk Bangunan Kecil


Pondasi cakar ayam sebenarnya ditujukan untuk pembuatan bangunan tinggi atau proyek infrastruktur yang berskala besar. Oleh karena itu, meskipun Anda tertarik dengan pamor pondasi cakar ayam ini, namun sayangnya tidak cocok digunakan untuk rumah kecil. Alasannya bukan hanya dari segi bangunannya saja yang kurang cocok, namun juga dilihat dari segi biaya dan proses pemasangannya memang tidak cocok untuk bangunan kecil. Jika ingin membangun rumah satu lantai, sebaiknya gunakan saja jenis pondasi lainnya yang lebih ekonomis namun tetap berkualitas tinggi.

3. Proses Pembuatan Cukup Rumit

Pondasi cakar ayam yang kuat dan teruji ini memang bukan hasil dari proses yang mudah dan sederhana, tapi dari proses pembuatannya yang cukup rumit.Karena proses pembuatannya ini berpengaruh pada durasi pengerjaan proyek konstruksi dan beban biaya. Sehingga, tidak hanya menyedot biaya produksi yang besar, namun juga berpengaruh pada molornya pengerjaan proyek yang diharapkan.

Baca Berita Terkait :   Download Buku Rekayasa Jalan Raya

Demikian beberapa Kekurangan Pondasi Cakar Ayam, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *