Kelebihan Pondasi cakar Ayam

Kelebihan Pondasi cakar Ayam

Pondasi cakar ayam adalah salah satu teknik pondasi yang ditemukan oleh salah satu tokoh insinyur sipil Indonesia, Prof. Ir. Sedyatmo Dr HC, pada sekira tahun 1974.

Pada saat itu, Ir. Sedyatmo menggagas pondasi cakar ayam untuk menyiasati permasalahan tanah yang lembek untuk gelaran Asian Games. Ternyata, gagasan pondasi ini menjadi sebuah solusi yang jitu bahkan bermanfaat untuk banyak proyek konstruksi di berbagai belahan dunia.

Nah, berikut beberapa Kelebihan Pondasi cakar ayam di antaranya adalah:

  1. Tidak Memerlukan Sistem Drainase

Salah satu Kelebihan Pondasi cakar Ayam ini memungkinkan pembangunan konstruksi pada kondisi tanah yang lembek sekalipun. Dengan pondasi cakar ayam, tanah bangunan tidak perlu repot karena pondasi ini tidak membutuhkan sistem drainase dan sambungan kembang kusut. Hal ini terjadi karena seluruh pondasi cakar ayam dibentuk dari beton padat yang sangat kuat yang tidak memiliki ruang untuk drainase. Keunggulan ini membuat pengerjaan konstruksi jauh lebih hemat dari segi material, biaya, serta waktu pengerjaannya.

  1. Sesuai Diterapkan pada Banyak Wilayah di Indonesia
Baca Berita Terkait :   Download Drainase Perkotaan

Seperti kita ketahui bersama, kondisi wilayah Indonesia memiliki tanah dengan kondisi lembek dan memang dari awal peruntukan pondasi cakar ayam didesain dengan kondisi seperti tersebut. Oleh karena itu, pondasi cakar ayam sangat cocok digunakan di banyak wilayah geografis seperti persawahan, pergunungan, daerah rawa, termasuk dataran rendah. Jangan heran bila pondasi satu ini sangat populer dan diadaptasi oleh banyak perumahan hingga bangunan-bangunan tinggi di Indonesia. Lebih dari itu, kualitas pondasi ini juga sudah sangat teruji secara internasional karena banyak digunakan juga di berbagai belahan dunia.

  1. Bisa Dibangun di Atas Tanah yang Kurang Kokoh

Seperti tujuan awalnya, pondasi cakar ayam memang dikhususkan untuk menopang pembangunan yang berada di kawasan dengan tanah kurang kokoh. Bahkan, dengan pemanfaatan pondasi ini, proyek konstruksi tetap dapat dijalankan meskipun kondisi tanahnya bertekstur lembek atau berair. Pondasi ini dijamin tidak akan membuat tanah ambles, longsor, atau bergeser.

Baca Berita Terkait :   Standar Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan

Dari segi teknis, pondasi cakar ayam ini memang didukung oleh kekuatan yang lebih tinggi dan tidak membutuhkan ruang-ruang untuk pengembangan akibat pengaruh cuaca.

  1. Membuat Bangunan Lebih Kokoh

Kelebihan pondasi cakar ayam berikutnya adalah bangunan jadi lebih kokoh meskipun dibangun di atas tanah yang kondisinya kurang stabil. Semua berkat cara kerjanya yang sangat baik di mana pondasi ini langsung menembus bagian tanah terdalam ketika selesai dibuat. Penggunaan beton di keseluruhan pondasi juga jelas sangat menguntungkan karena membuat daya tahan pondasi ini semakin kokoh.

demikian Kelebihan Pondasi cakar Ayam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *