Perhatikan 5 Hal Sebelum Membeli Rumah Bekas

Investasi properti memang tidak akan ada habisnya dan ruginya. Selain Kavling, rumah baru, apertemen begitu juga untuk rumah Bekas. Ada kelebihan dan kekurangan dalam membeli rumah bekas. Namun sebelum Anda membeli rumah bekas, ada baiknya perhatikan 5 Hal Sebelum Membeli Rumah Bekas berikut :

1. Dokumen atau Legal harus Jelas dan Clear
Pertama yang harus diperhatikan adalah dokumen sertifikat dari sang pemilik. Pastikan nama yang ada di sertifikat sama dengan nama sang pemilik rumah. Bagaimana jika namanya berbeda? Tanyakan kepastiannya! Bukan hanya itu, cek juga Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk memastikan luas bangunannya sama dengan kondisi asli. Bandingkan juga data yang ada di IMB dengan PBB.

2. Sediakan Dana Tambahan diluar Harga Rumah Bekas
Dana tambahan ini berfungsi unutk biaya renovasi yang tidak terduga. Jadi Memiliki dana tambahan adalah hal mutlak yang disiapkan ketika membeli sebuah rumah, apalagi rumah bekas. Bukan hanya itu, tentunya sebuah rumah juga memerlukan biaya perawatan bukan? Biaya perawatan dan renovasi rumah pun tidak murah, sehingga biaya yang disiapkan memang cukup besar.

3. Sediakan Waktu Luang untuk Perbaikan
Sama seperti barang antik, rumah bekas apalagi rumah yang sudah tua , akan memerlukan perhatian lebih, waktu kita juga dibutuhkan untuk memberikan perhatian tersebut. Jika sudah memutusan membeli rumah bekas, maka Anda harus siap dengan semua resiko kerusakan yang ada. Oleh sebab itu, sediakan waktu luang untuk memperbaiki bagian rumah. Meskipun bukan kamu sendiri yang memperbaiki, setidaknya proses renovasinya membutuhkan pantauan.

4. Ubah Desain Interior untuk Fungsi Ruangan Tambahan
Kadang desain dalam sebuah rumah tua terdapat banyak ruangan atau tempat – tempat tersembunyi, baik dalam bentuk gudang ataupun kamar. Nah, lebih baik manfaatkan ruangan ini untuk dijadikan ruangan lain yang lebih fungsional. Salah satu contohnya kamu bisa saja mengubah gudang menjadi sebuah ruang kerja atau ruang hobi. Intinya, kamu bisa mengubah ruang yang tidak berguna untuk dijadikan sebagai ruangan yang lebih bermanfaat untuk kepentingan keluarga.

5. Desain Hiasan Interior dan Eksterior dengan Desain yang Baru
Secara desain rumah bekas memang bagus di waktu masa yang lampau, tapi belum tentu desain tersebut sesuai dengan masa sekarang. Jadi mengubah atau menghias interior dan eksterior dari rumah yang baru saja dibeli adalah sebuah keharusan. Pasalnya, rumah yang bekas digunakan oleh orang lain tentunya dapat membuat kita merasa kurang nyaman atau kurang sreg dengan desainnya. Kamu bisa melakukan berbagai cara, misalnya dengan mengganti warna cat, keramik, dan perabotan yang sudah ada. Dengan hiasan yang tepat, maka kepribadian kamu sebagai pemilik rumah dapat terlihat melalui hiasan yang diterapkan

Ok, demikian 5 Hal Sebelum Membeli Rumah Bekas yang harus Anda Perhatikan. Teliti sebelum membeli dan lupa legalitas tidak dalam sengketa ya.. Selamat berburu rumah bekas 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *