sunrise properti
sunrise properti

Sunrise Property Adalah

Dalam dunia properti dikenal istilah sunrise property. Dari namanya saja sekilas mudah dipahami oleh sobat properti ya.
Jadi, sunrise property merujuk pada kawasan tertentu yang memiliki potensi investasi properti yang cerah dan dapat menghasilkan keuntungan dengan cepat.

Beberapa kawasan yang termasuk kategori sunrise property berada pada daerah penyangga ibukota, memiliki moda transportasi yang mudah dan integrated dan biasanya berupa kawasan baru. Kawasan sunrise property memiliki tingkat pertumbuhan harga properti yang tinggi dan tetap stabil.

 

Untuk lebih mengenal kawasan sunrise property, berikut adalah ciri-ciri yang bisa sobat properti pertimbangkan :
1. Kawasan Baru dan Berkembang
Perkembangan demografi jadi ciri sunrise properti yang menjanjikan. Jika kawasan tersebut menjadi tempat tujuan arus manusia, maka potensi pembangunan di area tersebut akan berkembang.
Kawasan baru dan berkembang umumnya memiliki usia bangunan sekitar 10 sampai 20 tahun. Namun, kawasan ini masih melakukan pembangunan secara terus-menerus. Contoh dari kawasan ini adalah Serpong dan Kelapa Gading.

Baca Berita Terkait :   Ini dia , 5 Syarat Sebelum Investasi Properti

2. Terletak di Kawasan Penyangga Ibu Kota
Sunrise property umumnya terletak di kawasan suburban atau kota-kota satelit yang menyangga ibu kota atau kota-kota besar. Misalnya saja, kota-kota satelit di sekitar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Ini disebabkan karena proses pengembangan properti yang masih mudah di wilayah tersebut, sehingga membuatnya terus berkembang pesat. Selain menjadi kawasan hunian, kawasan ini juga sering dijadikan sebagai pusat bisnis dan ekonomi baru dengan mengedepankan fasilitas unggulan.

3. Kawasan dengan Pertumbuhan pembangunan Infrastruktur
Infrastruktur menjadi tulang punggung perkembangan properti di suatu daerah, karena akan mempermudah aktivitas masyarakat. Ciri-ciri ini paling mudah dikenali dalam memilih kawasan sunrise. Pembangunan-pembangunan tersebut dapat berupa jalan tol, jalur transportasi dan jalan arteri penting lainnya.

Baca Berita Terkait :   Wow.. Ganti rugi Tanah Adat Papua Hanya Rp 100.00 per Hektar

4. Kawasan yang Stabil
Di poin sebelumnya, dijelaskan kalau sunrise property yang baru berada di wilayah penyangga kota. Uniknya, ada pula kawasan “tua” yang bisa menjadi sunrise property.
Salah satu syaratnya adalah kehadiran akses infrastruktur yang baik dan layak, serta kelengkapan fasilitas sosial dan umum di dalamnya.
Selain itu, kondisi perekonomiannya juga harus stabil dan ada kemungkinan untuk terus berkembang.Di sana, ada banyak properti yang dialihfungsikan, seperti rumah yang diubah menjadi ruko.

5. Harga Tanah yang Terus Berkembang
Kenaikan harga tanah yang terjadi setiap tahunnya menjadi pertanda jika kawasan ini termasuk sunrise properti. Pasalnya, kenaikan harga tanah ini kawasan bisa di atas 20 persen. Kenaikan harga tersebut bisa terjadi karena banyaknya peminat sehingga investasi tanah di daerah ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.

Baca Berita Terkait :   Waspada, 5 Bahaya di Kamar Mandi Anda

Nah, sebelum memutuskan untuk memiliki properti, dapat sobat pertimbangkan terlebih dulu ciri – ciri tersebut diatas agas mendapatkan yang lebih menjanjikan seperti kawasan sunrise property.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan investasi di kawasan yang tepat, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *