Teknik Pengerjaan Pondasi Rumah Anti Gempa

Teknik Pengerjaan Pondasi Rumah Anti Gempa

Berikut adalah cara mudah dalam Teknik Pengerjaan Pondasi Rumah Anti Gempa. Seperti yang kita ketahui bahwa pondasi merupakan bagian dari struktur yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung dibawahnya. Fungsi pondasi ini adalah sebagai penahan seluruh beban yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar.

Dalam struktur apapun, beban yang terjadi baik yang disebabkan oleh berat sendiri ataupun akibat beban rencana harus disalurkan ke dalam suatu lapisan pendukung dalam hal ini adalah tanah yang ada di bawah struktur tersebut. Beton bertulang adalah material yang paling cocok sebagai pondasi untuk struktur beton bertulang maupun bangunan baja, jembatan, menara, dan struktur lainnya.

Baca Berita Terkait :   Download Diktat Teori Soal dan Penyelesaian Konstruksi Beton (SKSNI 91) jilid 2

Beban dari kolom yang bekerja pada pondasi ini harus disebar ke permukaan tanah yang cukup luas sehingga tanah dapat memikul beban dengan aman. Jika tegangan tekan melebihi tekanan yang diizinkan, maka dapat menggunakan bantuan tiang pancang untuk membantu memikul tegangan tekan pada dinding dan kolom pada struktur.

Nah, dalam membangun pondasi anti gempa, ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum proses Pengerjaan Pondasi Rumah Anti Gempa dilakukan.

Beberapa hal yang perlu dipahami tersebut yaitu:

  • Galilah tanah kira-kira sedalam 70 cm kemudian buatlah dinding tanah dalam posisi miring dengan perbandingan 5:1 agar tanah dapat menahan dengan kokoh.
  • Lapisi bagian dasar galian dengan timbunan pasir sedalam 10 cm.
  • Dalam membuat pondasi, usahakan tingginya mencapai 45 hingga 60 cm.
  • Jika pondasi dibuat dengan batu kali, maka campurannya harus dibuat dengan perbandingan 1 semen : 4 pasir.
  • Bila membuat pondasi menerus, sloof harus dibuat setiap 1,5 m dengan tulang baja berdiameter 12 mm.
  • Terakhir, letakkan sloof atau balok pondasi di atas pondasi agar tumpuan bebannya lebih merata. Slof harus dibuat dari 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil dan air setengah dari volume semen.
Baca Berita Terkait :   Download Perencanaan Pelabuhan

Demikian Teknik Pengerjaan Pondasi Rumah Anti Gempa, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *